Naik Kendaraan Umum = Selamatkan Bumi

Monday, March 28, 2011

Tidak selamanya kota-kota besar menjadi salah satu penyumbang polusi di Bumi. Menurut sebuah studi, kesadaran menggunakan kendaraan umum menjadi pemicu untuk menekan polusi. Buktinya kota-kota dengan luas yang besar seperti Denver dan Rotterdam justru polusi yang dihasilkan cukup banyak ketimbang kota yang 'sejenis' seperti New York, London bahkan Shanghai. 

Penduduk kota yang biasa menggunakan angkutan umum daripada mobil pribadi membantu menekan emisi lebih rendah ketimbang kota lainnya.



Denver, kota bagian barat Amerika Serikat itu, justru menyumbangkan emisi hampir dua kali lipat dibandingkan New York. 'Hal ini terutama disebabkan kepadatan New York lebih besar dan ketergantungan jauh lebih rendah untuk menggunakan mobil ketika bepergian, "kata studi tersebut, seperti dikutip AFP.




Para peneliti mengkaji data dari 100 kota di 33 negara untuk mengetahui petunjuk tentang penyebab pencemar terbesar dan mengapa, sekaligus membandingkan tiap-tiap kotanya. Hasilnya 71 persen kota-kota di seluruh dunia menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Menurut peneliti tersebut, polusi yang dihasilkan oleh satu mobil pribadi terkadang jauh lebih besar ketimbang angkutan umum. Tapi ingat satu kendaraan umum mampu menampung banyak penumpang.

0 comments:

Post a Comment