Smartfren Modem ZTE AC682

Tuesday, January 31, 2012



Sebelumnya saya menggunakan Modem GSM Sierra Wireless Compass 885 memakai kartu telkomsel flash sebagai kebutuhan untuk koneksi internet sehari-hari tapi karena rusak modemnya diakibatkan memakai MDMA secara keseringan gara-gara telkomsel flash kadang-kadang kurang stabil dalam koneksinya.Koneksi telkomsel flash benar-benar payah dan tidak sesuai dengan kata “Unlimited” yang benar adalah “Semi Unlimited”. Dari faktanya setiap saya memakai pulsa 50.000 untuk flash selama 14 hari mendapatkan bandwith sebesar 384 kbps dan ketika mencapai kuota 100 mb maka bandwith turun menjadi 64 kbps. Hal itu membuat saya geram ketika waktu googling aja pun payah apalagi buka facebook.

Pertama kali saya tertarik dengan Smartfren Modem ZTE AC682 jenis CDMA ini ketika membaca sebuah iklan pada koran lokal, disitu tertulis dengan seharga Rp 199.000,- turun dari harga Rp 299.000,- mendapat modem ZTE AC682 plus gratis internet unlimited (384 kbps) selama 30 hari. Langsung ke review saja ya…

Spesifikasi Smartfren ZTE AC682:

CDMA 2000 1X EV-DO Re.v A(800MHz/1900MHz)
CDMA 2000 EV-DO REV A: DL 3.1Mbps/ UL 1.8Mbps
RUIM Enable
Plug & Play
Slot for microSD Card
OS: Windows 2000, XP, Vista, Win7, MAC
SMS and Voice Capable GUI

Spesifikasi PC saya yang digunakan untuk review Smartfren ZTE AC682:

Procie Intel Core 2 Duo E7200 2,53 GHZ
RAM 2 GB DDR2 Visipro
HDD 500 GB SATA2 SEAGATE
Mobo MSI-7514
Windows 7 Ultimate SP1 32-bit
Smartfren ZTE AC682
Mozilla Firefox 5.01
Internet Download Manager 6.06 Build 8

Bentuk Paket Bundling Smartfren ZTE AC682:


Ketika modem ZTE AC682 sudah dibeli langsung saya tancapkan ke laptop saya untuk memulainya, proses instalasi secara otomatis membutuhkan waktu kurang lebih tiga menit. Setellah proses instalasi selesai langsung bisa dimainkan hanya menekan “Connect” tanpa menyetel setting lagi. Tampilan dashboard dapat dilihat pada screenshot bawah ini:


Download lewat Internet Download Manager memakai direct link mendapat kecepatan yang relatif stabil pada kisaran 40-50 Kb/s seperti screenshot bawah ini:


Menurut saya itu kecepatan sudah relatif stabil dalam mendowload file sebesar 500mb-700mb yang selesai dalam kurang lebih tiga jam.

Pengukuran lewat Pingtest.net mendapat skor C tanpa memakai netscream:
44857859 Review Smartfren Modem ZTE AC682 Performa Sepadan dengan Harganya

Gaming Team Fortress 2 versi steam dengan alamat IP berasal dari malaysia mendapat ping 150ms-160ms yang dijamin stabil tanpa ngelag seperti screenshot bawah ini:


Diasumsikan untuk patokan game lainnya seperti Counter Strike 1.6 dan Warcraft III DOTA memakai server indonesia dijamin tidak ngelag termasuk game online indonesia lainnya seperti Point Blank, Seal, dll.

Berdasarkan kesimpulan saya, Smartfren Modem ZTE AC682 sangat memuaskan bagi saya karena performa yang ditawarkan sepadan dengan harganya dan memiliki kestabilan relatif dalam browsing, unggul dari kompetitor lainnya, memiliki bentuk yang ramping, dan kelemahannya modem ini cepat panas daripada modem GSM saya terdahulu seta tidak mendukung port forwarding (seperti membuat create room di DOTA atau open port di utorrent). Lebih beruntung lagi bagi orang tinggal dekat menara smartfren pasti lebih kencang lagi daripada review saya buat ini. Terbukti ada tiga kawan saya membeli modem jenis ini karena tergiur dengan performa yang ditawarkan. Untuk mengatasi panasnya modem ini disarankan untuk menambah heatsink atau fan tambahan (tidak dijelaskan dalam review ini) supaya stabil modemnya

Note: Dalam review ini, saya mengujinya tapa memakai netscream, microSD slot belum saya uji, dan Voice (untuk telepon) belum saya uji karena ketidakadaan microphone.

Tag :

mempercepat koneksi smartfren cara mempercepat koneksi modem smartfren mempercepat koneksi modem smartfren cara mempercepat koneksi smartfren cara mempercepat modem smartfren cara mempercepat koneksi internet smartfren mempercepat koneksi internet smartfren cara mempercepat koneksi modem smartfren ac682 cara mempercepat koneksi internet modem smartfren mempercepat modem smartfren


0 comments:

Post a Comment